Skip to main content

Membaca Borges dan Orang-Utan Abadi

Review Novel Dawuk

Oleh: Ahmad Farid Yahya
Dawuk, sebuah novel peraih penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa 2017. Novel epik tulisan Mahfud Ikhwan, pria kelahiran Lembor Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Cover terlihat ikonik dengan gambar ular dan kalajengking yang ditutup dengan block hitam dan terdapat tulisan "dawuk" di atasnya. Tulisan "dawuk" tersebut kalau dilihat lebih jeli ternyata terdapat pola seperti batik pada huruf-hurufnya. Desain cover dengan background kuning terkesan sederhana tapi bagus.

Kata/judul "Dawuk" diambil dari julukan si tokoh utama dalam cerita. Plesetan dari nama Muhammad "Dawud". Selain itu Dawuk juga mengartikan warna yang begitu kusam, yang dalam bahasa Indonesia, warna yang bisa dibilang paling menyerupainya adalah warna abu-abu. Warna dawuk ini adalah penyebutan warna kambing, tentunya jenis kambing yang kusam. Tentang kambing berwarna dawuk ini juga pernah disinggung Mahfud Ikhwan dalam novel sebelumnya yaitu Kambing dan Hujan.

Sedangkan ilustrasi ular dan kalajengking diambil dari cerita pada novel ini. Di mana istri Mat Dawuk--si tokoh utama--diperkosa oleh dua orang yaitu seorang pegawai perhutani dan seorang blandong kayu. Ketika hendak ke hutan mencari buah kecacil untuk istrinya yang ngidam, Mat Dawuk bertemu dua orang itu dan bercakap-cakap sejenak. Setelahnya, Mat Dawuk tetap meneruskan perjalanan ke hutan. Dua orang tadi menaiki motor dan melaju ke gubuk (rumah) Mat Dawuk untuk memperkosa istrinya. Sementara di hutan, Mat Dawuk mendapat firasat ketika ia digigit ular dan disengat kalajengking. Seketika ia berlari ke rumah, bahkan bisa dibilang terbang. Namun ketika sudah sampai rumah ia menemukan istrinya tergeletak dengan banyak darah. Kedua pemerkosa tadi ketakutan lalu salah seorang mengambil kapak untuk dipakai memukul Mat Dawuk, tapi ternyata mengenai temannya sendiri. Darah muncrat dan ia melarikan diri. Mat Dawuk membawa istrinya ke puskesmas dengan berlari kencang, dan bisa dikatakan benar-benar terbang. Nyawa istrinya tak tertolong, malah ia dituduh membunuh si pemerkosa istrinya--pegawai perhutani. Mat Dawuk diamuk massa sampai tubuhnya remuk dan gepeng sepertu kertas. Absurd.

Di sini Mahfud Ikhwan terlihat sudah sekelas Andrea Hirata. Bahkan gaya berceritanya, kearifan lokalnya mengingatkan pada gaya Andrea dengan kearifan minangnya. Hanya saja Mahfud Ikhwan lagi-lagi memakai latar tempat pesisir utara Lamongan, di sebuah desa di kecamatan Brondong. Di desa bernama Rumbuk Randu, yang pada cerita ini ternyata adalah tetangga desa Tegal Centong--latar novel Kambing dan Hujan. Bagi saya pribadi, saya lebih suka kisah novel Dawuk daripada Kambing dan Hujan.

Gaya berceritanya begitu kuat. Untuk menggambarkan nama tokoh saja ada cerita-cerita di baliknya. Jadi nama-nama tokoh bukan sesuatu yang dipilih secara serampangan. Itulah sebabnya nama tokoh dalam novel ini begitu melekat di ingatan. Sebut saja Warto Kemplung, si pencerita kisah Mat Dawuk. Adalah seseorang yang suka bercerita, dan cerita-ceritanya bisa kita anggap kibul saja. Seperti kisah Dawuk yang sebenarnya kibulan dari Warto Kemplung tersebut. Makanya namanya Warto (warta/memberitakan) Kemplung (kibul). Inilah menariknya, berhubung kisah ini cuma kibulan dari Warto Kemplung, jadi kita banyak menemui cerita-cerita absurd, mistis, lucu sekaligus menjengkelkan. Seperti ketika Mat Dawuk bisa terbang, tubuhnya gepeng seperti kertas tapi beberapa hari berangsur kembali seperti semula, dan juga tokoh Mat Dawuk yang sebenarnya--di akhir novel disebutkan--menaiki motor RX King dan berjaket kulit. Imajinasi kita dibuat melayang-layang oleh Warto Kemplung sialan itu.

Penggambaran asal-usul tokoh dan penyebab-penyebab konflik bisa diterima sekalipun novel ini absurd. Meski cerita itu kibul, tapi kalian pasti sekali waktu pernah juga tertipu oleh ucapan kibul bukan? Karena penggambarannya begitu natural.

Hanya saja pada buku-buku Mahfud Ikhwan termasuk Dawuk ini ada penulisan yang tak biasa. Yaitu penggunaan penjelasan peristiwa di dalam kurung. Hal ini biasa kita temukan dalam buku nonfiksi, tetapi dalam sebuah novel sangat jarang terjadi. Mahfud Ikhwan sendiri mengungkapkan kalau ia tak suka novel dengan catatan kaki sehingga ia menggunakan tanda kurung. Penulis-penulis lain barangkali menggambarkan penjelasan peristiwa atau hal-hal itu dengan narasi pada cerita dan lain sebagainya. Tapi Mahfud Ikhwan memilih menggunakan tanda kurung dan mengambil jarak dari cerita (seperti pendapat pribadi seorang dalang ketika menceritakan sebuah cerita). Selain itu, novel Dawuk dan Kambing dan Hujan banyak ditemukan tanda elipsis. Tetapi, bisa jadi penggunaan tanda kurung dan tanda elipsis ke depan akan menjadi ciri khas Mahfud Ikhwan.

***

Novel Dawuk ini mengingatkan saya dengan buah kecacil yag pernah saya icipi sekali, sewaktu SMP, dan hanya sekali itu saja. Sampai brtahun-tahun saya ingin mencicipi buah itu lagi tapi tak pernah kesampaian.

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Perbandingan Teks Sastra Cerpen “Sepotong Senja Untuk Pacarku” dan "Jawaban Alina" Karya Seno Gumira Ajidarma dengan Dongeng 1000 Candi (Kajian Sastra Bandingan)

Disusun Oleh: Ahmad Farid Yahya 1. Sinopsis Cerpen “Sepotong Senja Untuk Pacarku” dan "Jawaban Alina" Karya Seno Gumira Ajidarma A. Sinopsis Cerpen Sepotong Senja Untuk Pacarku “Sepotong Senja untuk Pacarku”, sebuah cerpen yang menceritakan sebuah surat berisi sepotong senja yang diberikan oleh seorang laki-laki kepada kekasihnya yang bernama Alina. Di dalam cerpen tersebut dikisahkan bahwa sang tokoh “aku” mengerat sebuah senja di tepi pantai lengkap dengan angin, debur ombak, matahari terbenam, dan cahaya keemasan. Ia memang sangat ingin memberikan sepotong senja pada kekasihnya. Ia tak mau memberikan banyak kata-kata, karena pada kenyataannya kata-kata sudah tidak berguna. Di dalam cerita itu, sang tokoh “aku” berhasil mengerat sepotong senja yang ditaruh di dalam sakunya. Walaupun setelah senja itu ia potong, tokoh “aku” rela dikejar-kejar oleh polisi karena ia diduga telah mencuri senja dan membuat gempar. Ia menyelip-nyelip dengan kecepatan tingg

Menuliskan Angan-Angan, Menceritakan Pengalaman : sebuah pembacaan atas buku Upacara Penyeretan Jiwa karya Ahmad Farid Yahya

Khoirul Abidin* Dari harapan dan pengalaman, lahirlah sebuah buku Upacara Penyeretan Jiwa (sepilihan cerpen) ini. Serupa kue lapis, sepuluh "pilihan" cerita pendek dalam buku yang terbilang ramping atau tipis ini disajikan dengan berbagai warna; tema. Pada bagian awal penulis seakan mengingatkan, bahwa hidup memang penuh dengan kejutan. Apa-apa yang akan terjadi di hari depan, manusia tiada pernah bisa menebak. Untuk itu, usaha dan doa mesti selalu diselaraskan—mengingat Waktu-lah penentunya. Cinta itu buta dan tuli, lirik Lagu Galau Al Ghazali, barangkali itu yang menuntun tokoh utama dalam cerpen pembuka berjudul "Hanya Aku, dan Seumur Hidup", untuk membunuh kekasih terkasih dengan tangannya sendiri. "Aku mana bisa membiarkanmu dicintai semua orang, diperjuangkan semua orang, dan dimiliki semua orang. Aku hanya ingin kau menjadi milikku ...." Begitulah suara hati lelaki tanpa nama yang terbaca pada halaman 3. Ada kecemasan, ketakutan yang melingkari hati

HMJ PBSI UNISDA LAMONGAN ADAKAN SEMINAR P2K3 SEBAGAI JAWABAN PERTANYAAN "KULIAH SASTRA MAU JADI APA?"

MENULIS SASTRA,  Mengelola Kepribadian Dan Masa Depan Kehidupan. Oleh: Rodli TL. Pandangan Umum Sastra yang merupakan serapan dari kata Shastra, bahasa Sanskerta itu teks bermakna ajaran atau pedoman. Sastra merupakan cipta manusia baik lisan maupun tulisan yang mengandung maksud nilai-nilai kebaikan yang indah dan menarik, diajarkan dari generasi pendahulu ke generasi berikutnya dengan kandungan keindahan. Sebagaimana Sapardi Djoko Damono mengungkapkan bahwa dalam kehidupan sastra menampilkan gambaran realitas sosial yang menurut Suyitno menjadi peristiwa yang imajinatif dan kreatif yang dapat dipertanggungjawabkan. Tentunya karya sastra merupakan pengalaman ekspresi dan imajinasi seseorang  berupa pikiran, perasaan, semangat dan iman sebagaimana yang diuangkapkan dengan bahasa yang indah. Werren (1989)  mengungkapkan ciri-ciri sastra yaitu: Sebuah ciptaan Luapan emosi Bersifat otonom yang selaras antara bentuk dan isi Menghadirkan sintesis terhadap hal-hal yang bertentang