Skip to main content

Membaca Borges dan Orang-Utan Abadi

Upacara Penyeretan Jiwa : Sepilihan Cerpen Ahmad Farid Yahya

 

Jantungku berdegup semakin kencang ketika aku merasa ada yang aneh dan semakin menakutkanku. Aku merasa musik itu semakin keras saja kudengar. Ya Tuhan, jangan aku, jangan aku. Aku ketakutan. Musik itu begitu mengerikannya sampai aku merinding dan keringat mulai membasahi sarungku yang kugunakan menutupi sekujur tubuhku.

Suara itu semakin keras, "Dung tak dung tak dung dung dung, tak dung tak dung dung dung, tak dung tak dung dung dung, tak dung tak dung dung dung ..." Benar-benar suara upacara penyeretan jiwa. Takutlah takut aku ini. Tubuhku gemetar.

Tiba-tiba kudengar teriakan kencang, "Aaaaa!" Lalu disusul teriakan seorang lelaki dewasa, "Karjo!" Kemudian bersahut-sahutan suara Sukijan, Munawar dan beberapa suara temanku yang kukenal, "Karjo, Karjo!"

__________

Upacara Penyeretan Jiwa


Penulis: Ahmad Farid Yahya

Penerbit: Sastrakelir x Pustaka Ilalang

Tebal: x+80 halaman

Dimensi: 12x18cm

Harga: Rp35.000,-

__________

Pemesanan: 082143699486 (WA)

__________

#ahmadfaridyahya #upacarapenyeretanjiwa #sbymk #seorangbocahyangmenyaksikankematian #farid #sastrakelir #pustakailalang

Comments

Popular posts from this blog

Analisis Perbandingan Teks Sastra Cerpen “Sepotong Senja Untuk Pacarku” dan "Jawaban Alina" Karya Seno Gumira Ajidarma dengan Dongeng 1000 Candi (Kajian Sastra Bandingan)

Disusun Oleh: Ahmad Farid Yahya 1. Sinopsis Cerpen “Sepotong Senja Untuk Pacarku” dan "Jawaban Alina" Karya Seno Gumira Ajidarma A. Sinopsis Cerpen Sepotong Senja Untuk Pacarku “Sepotong Senja untuk Pacarku”, sebuah cerpen yang menceritakan sebuah surat berisi sepotong senja yang diberikan oleh seorang laki-laki kepada kekasihnya yang bernama Alina. Di dalam cerpen tersebut dikisahkan bahwa sang tokoh “aku” mengerat sebuah senja di tepi pantai lengkap dengan angin, debur ombak, matahari terbenam, dan cahaya keemasan. Ia memang sangat ingin memberikan sepotong senja pada kekasihnya. Ia tak mau memberikan banyak kata-kata, karena pada kenyataannya kata-kata sudah tidak berguna. Di dalam cerita itu, sang tokoh “aku” berhasil mengerat sepotong senja yang ditaruh di dalam sakunya. Walaupun setelah senja itu ia potong, tokoh “aku” rela dikejar-kejar oleh polisi karena ia diduga telah mencuri senja dan membuat gempar. Ia menyelip-nyelip dengan kecepatan tingg

Menuliskan Angan-Angan, Menceritakan Pengalaman : sebuah pembacaan atas buku Upacara Penyeretan Jiwa karya Ahmad Farid Yahya

Khoirul Abidin* Dari harapan dan pengalaman, lahirlah sebuah buku Upacara Penyeretan Jiwa (sepilihan cerpen) ini. Serupa kue lapis, sepuluh "pilihan" cerita pendek dalam buku yang terbilang ramping atau tipis ini disajikan dengan berbagai warna; tema. Pada bagian awal penulis seakan mengingatkan, bahwa hidup memang penuh dengan kejutan. Apa-apa yang akan terjadi di hari depan, manusia tiada pernah bisa menebak. Untuk itu, usaha dan doa mesti selalu diselaraskan—mengingat Waktu-lah penentunya. Cinta itu buta dan tuli, lirik Lagu Galau Al Ghazali, barangkali itu yang menuntun tokoh utama dalam cerpen pembuka berjudul "Hanya Aku, dan Seumur Hidup", untuk membunuh kekasih terkasih dengan tangannya sendiri. "Aku mana bisa membiarkanmu dicintai semua orang, diperjuangkan semua orang, dan dimiliki semua orang. Aku hanya ingin kau menjadi milikku ...." Begitulah suara hati lelaki tanpa nama yang terbaca pada halaman 3. Ada kecemasan, ketakutan yang melingkari hati